Pelaksanaan pelayanan publik yang optimal menjadi komitmen bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, Pemkot Depok terus meningkatkan kualitas seluruh elemen dalam penyelenggaraan pemerintahan termasuk sumber daya Aparatur Sipil Negara (ASN). Salah satunya, melalui kegiatan Peningkatan Kapasitas Pelayanan Publik bagi ASN di wilayah Kecamatan Cilodong. Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pelayanan Publik tersebut dilaksanakan di Hotel Horison Ultima Bhuvana, Ciawi, Bogor, Jumat (08/11/2024).
Pelayanan publik merupakan salah satu fungsi penting pemerintah yang memiliki makna luas, karena menyangkut pemenuhan kebutuhan masyarakat yang beraneka ragam.
Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan dalam upaya mewujudkan pelayanan publik yang prima, kuncinya adalah integritas.
“Integritas ini nanti akan mewujudkan sepuluh nilai dasar pelayanan prima,” tutur Wali Kota.
“Adapun aspek integritas sendiri meliputi nilai spiritual, sikap mental dan nilai moral,” sambungnya.
Kiai Idris, sapaan karib Wali Kota Depok mengungkapkan aspek spiritual meliputi niat, tekad dan semangat. Lanjut, aspek sikap mental meliputi kompetensi, dedikasi dan sinergi. Serta aspek nilai moral meliputi kapabilitas, loyalitas dan intensitas.
Selanjutnya, Kiai Idris menuturkan sepuluh nilai dasar pelayanan prima dalam pandangannya meliputi, ikrar, niat, tekad, empati, gagah, ramah, inisiatif, tekun, aktif, sabar.
“Peningkatan kapasitas aparatur pemerintah di kecamatan dan kelurahan ini menjadi sangat penting, mengingat kecamatan dan kelurahan merupakan garda terdepan dalam pelayanan publik. Pada tingkatan ini berbagai persoalan masyarakat pertama kali muncul dan harus direspons dengan cepat dan tepat,” tandasnya.
Bogor, 08 November 2024
Sub Bagian Dokumentasi Pimpinan
Bagian Prokopim Setda Kota Depok
Oktavia Permatasari