
Wali Kota Depok, Mohammad Idris menghadiri peresmian Immigration Lounge di Pesona Square Mall Depok, Sukmajaya, Kota Depok, Selasa (21/01/2025).
Immigration Lounge diresmikan secara langsung oleh Plt. Dirjen Imigrasi, Saffar M. Godam. Konsep Immigration Lounge yang berlokasi di mall merupakan inovasi untuk mengatasi masalah antrean dan keterbatasan fasilitas di kantor imigrasi konvensional. Unit layanan keimigrasian ini memberikan pengalaman yang berbeda kepada masyarakat dengan mengedepankan prinsip layanan yang cepat, nyaman, dan praktis.
“Dengan berada di mall, masyarakat dapat menikmati kenyamanan standar mall, area parkir yang luas, dan suasana yang menyenangkan selama proses pelayanan,” tutur Saffar M. Godam dalam sambutannya.
Dirinya menuturkan, konsep awal Immigration Lounge di mall mengusung konsep reach out, dimana imigrasi menjangkau keluar kantor untuk mendekatkan layanan keimigrasian kepada masyarakat.
“Kenapa konsep tersebut lahir? dikarenakan persoalan-persoalan di beberapa kantor imigrasi dan hampir di seluruh kantor imigrasi di Indonesia, bertumpuknya pemohon, terutama permohonan paspor, di satu titik sehingga menimbulkan ketidaknyamanan karena antrean yang panjang”, sambungnya.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Kota Depok, Irvan Triansyah menuturkan Immigration Lounge menyediakan dua layanan utama yaitu layanan percepatan paspor elektronik untuk WNI dengan kuota 100 pemohon per hari serta layanan izin tinggal berbasis e-visa untuk WNA tanpa batasan kuota selama jam operasional.
“Kami ingin mengubah paradigma pelayanan publik. Dulu masyarakat yang mendekatkan diri kepada pemerintah, sekarang pemerintahlah yang mendekatkan diri kepada masyarakat,” tuturnya.
Irvan mengatakan Immigration Lounge ini menghadirkan inovasi sistem antrian digital berbasis scan barcode, memungkinkan pemohon memantau status antrian melalui ponsel sambil menikmati fasilitas mall. Terletak di lantai 3 (tiga), layanan di Immigration Lounge buka dari Senin-Minggu.
Wali Kota Depok, Mohammad Idris juga turut mendorong Immigration Lounge dalam upaya memberikan layanan prima kepada masyarakat Kota Depok.
“Ya pastinya ya dengan penduduk Depok yang begitu banyak dan melimpah dan kalo kita tumpuk semuanya di kantor ya tidak dapat terselesaikan. Pelayanan prima yang tadi sudah dijelaskan, intinya meberikan kenyamanan pada masyarakat merupakan bagian dari membahagiakan masyarakat. Terimakasih banyak kepasa Ditjen Imigrasi, kami menyambut dengan baik peresmian Immigration Lounge ini,” tandasnya.